Arsip untuk Desember, 2016

Ida Bagus Wika Krishna

Oleh :
Ida Bagus Wika Krishna

Kaya dan Miskin seringkali digunakan untuk mengkategorikan kondisi orang yang berlimpah harta dan orang yang tidak memiliki harta. Kuantitas harta yang dimiliki digunakan sebagai ukuran untuk mengklasifikasi. Hal ini tentu berdasar pada cara pandang yang sifatnya bendawi yang sifatnya tentu sangat relatif, bisa saja orang yang sudah memiliki harta yang bertumpuk namun merasa dirinya masih miskin. Begitupula sebaliknya, orang yang memiliki harta yang belum begitu banyak namun merasa dirinya sudah Kaya. (lebih…)

20151111_112549

Oleh :
Ida Bagus Wika Krishna

Setiap manusia pasti ingin mendapat kebahagiaan dalam hidupnya, bahkan bukan saja kebahagiaan dirinya sendiri. Berharap bahwa semua orang yang dikasihi senantiasa mendapatkan kebahagiaan. Mengusahakan kebahagiaan untuk orang dikasihi, kadangkala mengabaikan kebahagiaan untuk dirinya sendiri. siklus pengorbanan diri untuk kebahagiaaan orang lain juga merupakan siklus Yadnya semesta. Bahwa setiap orang saling berkorban untuk kehidupan lain. (lebih…)

Keluarga

Oleh :
Ida Bagus Wika Krishna

Orang Tua atau ibu dan bapak dalam ajaran Hindu dianggap sebagai ‘Dewa Nyekala’, beliau adalah Tuhan yang hadir di dunia. Melalui orang tualah setiap manusia dihadirkan di dunia ini, dari kelahiran hingga penghidupan diusahakan oleh beliau untuk putra-putrinya. Perjuangan seorang ibu untuk melahirkan dan menjaga anak, sekaligus perjuangan seorang bapak dalam merawat dan mendidik tentunya tidak mungkin dibalas oleh seorang anak. Dari sinilah muncul kalimat bahwa cinta orang tua sepanjang zaman dan cinta anak sepanjang jalan. (lebih…)

Ida Bagus Wika Krishna

Oleh :
Ida Bagus Wika Krishna

Bersedekah atau dana punia merupakan prilaku yang dianggap paling utama di zaman Kali Yuga. Keutamaannya akan menjadi lebih, ketika dilandasi oleh ketulusan hati dan diberikan dengan cara yang baik. Secara realitas, seringkali kita menemukan kondisi orang lain yang demikian memprihatinkan dan mendorong diri kita untuk ikut meringankan bebannya.

(lebih…)